Dikamar Mano seperti Boneka

Mano

Keberhasilan Manohara lepas dari sangkar emas Tengku M Fakhry Petra tak lepas dari kegigihan sang ibu, Daisy Fajarina.
Sedang Daisy sendiri mendapat kekuatan dari berbagai pihak, termasuk Teuku Bulganon Hasbullah Amir, guru spriritualnya.
Pria asal Kutaraja, Nanggroe Aceh Darussalam yang biasa disapa Abang inilah yang menjadi tempat curhat Daisy selama memperjuangkan kembalinya Manohara.
Apa saja yang dicurahkan Daisy ?
Inilah wawancara khusus Nyata dengan Abang di kediamannya, Puri Kembangan Jakarta barat, rabu (10/6) lalu;

Bagaimana Anda melihat kehidupan Mano yang sesungguhnya ?

Awalnya saya tidak melihat terlalu jauh. saya hanya melaihat ada ibu merindukan anak yang dijauhkan oleh suaminya.hubungan komunikasi mereka diputus.

Kita sebagai sesama manusia mempunyai kewajiban untuk membantu mereka.
Pertama Daisy datang, saya yakinkan Manohara pasti kembali kepangkuan ibunya. Saya katakan , lebih baik Dasiy bersabar. Paling lambat achir Mei, Daisy akan bertemu Manohara.
Rupanya apa yang saya isyaratkan terbukti. Mano kembali kepangkuan ibunya 31 mei lalu. terlepas salah-benarnya dia, itu semua berpulang kepada mereka (Mano-Daisy).

Sebelum akhirnya Mano kembali, apa yang Anda katakan kepada Daisy ?

Kalau Mano bahagia dengan suaminya, berarti semua masalah selesai. Jika Mano mengaku bahagia, kewajiban Daisy untuk melepaskan anaknya supaya bahagia bersama keluarganya.
Apabila dalam pertemuan Mano memang tertekan, tersiksa ingin kembali pada ibunya, berarti dia menhadapi masalah.

Ternyata Allah mengembalikan Mano kepada ibunya. Mano memilih berpisah dengan suaminya.

Saat Daisy datang bagaimana kondisi mentalnya ?

Dia merindukan anaknya.. Dia menderita luar biasa. Itu yang saya tangkap. Dia menangis dan jatuh pingsan. itu sudah mengganggu mentalnya.

Saya bangun mentalnya. Dia menemukan ketenangan itu. Mengembalikan mental orang yang terpuruk adalah tugas saya.

Apa yang Anda lakukan untuk menenangkan dia ?

Saya kasih doa. Meyakinkan dia bahwa pertolongan Allah itu akan datang.

Seberapa parah kondisi mental Daisy saat itu ?

Dia tertekan karena difitnah. selama ini dia dianggap sebagai pembual dan menjual anak atau merekayasa keadaan.

Saya tidak percaya hal itu.
Dia seorang ibu yang membutuhkan anaknya. Mano juga membutuhkan perlindungan.

Bagaimana sosok Daisy dimata Anda ?

Daisy orang yang tidak suka mengeret. Soalnya dia berlatar belakang ningrat di Makasar.

Dia hanya ingin tahu kondisi anaknya .Kalau Mano bahagia di Kelantan dia akan pulang. Kalau tidak , dia akan bawa ke Jakarta. Ternyata hasilnya lebih buruk.

Bagaimana dengan kondisi Mano ?

Mano hancur. Lebih parah dari ibunya.
Tapi Mano masih anak-anak, sebentar dia sudah lupa. Tapi ibunya sangat khawatir kepada anaknya.

Apa yang Anda lihat tentang sosok Fakhry ?

Yang saya lihat, Fakhry psikopat.
Tak heran jika Mano mengalami penganiayaan.

Mano mengaku sering disuntik. Setelah disuntik, dia tidak merasakan apa-apa. Tetapi dia tahu apa yang terjadi. dia tidak bisa meronta.
Dia tidak punya kekuatan untuk melawan.
Saya sudah tahu apa yang dia alami. Tekanan itu sangat luar biasa.

Ada pengakuan Manohara yang lain tentang suaminya ?

Dia mengakui kalau suaminya punya kelainan seks., lain tidak.
kalau sudah masuk kamar terjadi kekerasan itu.
Diluar itu tidak ada masalah,makan bersama, jalan bersama.

Apakah Mano menceritakan semua perilaku suaminya ?

Sudah. Ada satu obat yang kalau disuntikan, Mano tidak tahu apa yang terjadi.
Mano tidak bisa berkata apa-apa.
dia dibuat mati rasa.

Berapa kali Mano disuntik ?

Saya tidak tahu. Dia menagku sudah banyak, lupa.
badan Mano besar. Padahal itu tidak normal.

Kebutuhan Publik

Sebelum akhirnya Mano membongkarnya, apakah Daisy dan Dewi tahu Fakhry mempunyai penyimpangan seksual ?

Mereka sudah tahu, hanya mereka tidak menyadari kok sejauh ini. karena dia putra Sultan. Siapa yang berani menggugat dia . kekuasaan dia sangat luar biasa.
Orang tua Fakhry tahu penyakit anaknya, tapi terus dilindungi. padahal mestinya dia juga harus melindungi mantunya, apalagi mantu perempuan.

Mano merasa jijik, benci, sakit hati.
Apalagi dia kesal setiap selesai berhubungan. Fakhry merasa tidak mempunyai salah. Tidak pernah minta maaf.

Itu membuat Mano tidak mampu bertahan hidup bersama Fakhry ?

Ya. Dia dianggap seperti binatang, dikamar seperti boneka tidak bisa berbuat apa-apa. Ancaman terus menerus.
Tapi saya anggap Mano termasuk anak yang tabah dan pintar. Dia bisa melewati masa itu dengan tenang. Tidak panik. Kalu dia panik , dia bisa gila sendiri.

Apa yang Anda lakukan untuk memulihkan mental Mano ?

Sama dengan ibunya. saya ajarkan banyak berzikir. Sekarang dia jauh lebih tenang.

Seberapa yakin Mano dan Daisy akan memenangkan kasus hukum melawan Fakhry ?

Daisy dan Mano menyadari tidak akan mampu menuntut Kerajaan Kelantan.

Lantas, mengapa tetap membawa masalah ini ke jalur hukum ?

Apa yang dilakukan hanya memenuhi kebutuhan publik. Saya minta dia segera melakukan visum itu untuk memperkuat langkah hukum.

Sebelum Dasy ke Singapura, menyusul Mano, apakah dia konsultasi dengan Anda lebih dulu ?

Sebelumnya sudah saya beritahu.Saya ingin menolong dia, pasti jalannya banyak.
Enam hari sebelum ke Singapura, Daisy gelisah. Dia datang lagi kesaya. Dia tanya kapan anaknya bisa pulang .

Saya katakan, tunggu saja. Bila sudah saatnya, kamu akan dapat hadiah.
Daisy tanya, apa hadiah itu ? Saya katakan tidak tahu. Yang pasti akan ada kebahagiaan.

Setelah ini kemanakah arah kasus Manohara ? Apa yang diinginkan Daisy ?
Sebetulnya begitu Daisy bertemu Mano dan dibawa pulang, persoalan ini selesai.

Lantas, mengapa kini membawa persoalan Mano dan Fakhry ke jalur hukum ?

Daisy punya tanggung jawab harus menjelaskan kepada publik apa yang terjadi.
Dia bisa saja diam, tetapi itu tidak mungkin. Sebelumnya orang sudah menceritakan keluhannya kepada publik. Ada opini dia dianiaya.
Dia harus menceritakan kembali.
Dia harus mempertanggungjawabkan cerita itu betul apa tidak. Apakah benar dia dianiaya.
Desakan masyarakat terlalu kuat. banyak suara sumbang. mau tidak mau visum ini harus dibuat.

Jika memang persoalan ini tidak akan mampu dimenangkan Mano dan Daisy lantas bagaimana ?

Masalah ini akan hilang begitu saja. Daisy sudah bertemu anaknya. mereka sudah bahagia.
Kalau Daisy terus berupaya menyeselaikan masalah ini lewat jalur hukum, tidak sedikit biayanya.
Apa dia mampu membayarnya ?
Apa selamanya pengacara itu mau membantu secara gratis ?
Laporan Daisy itu penting agar tidak dituduh berbohong. Meski saya tahu langkah itu nanti tidak akan berjalan sesuai yang diharapkan.
* Syukri/Aka ( Tabloid Nyata)

Mano

1 Comment:

Pendapat gue tentang kasus manohara.. Layaknya oleh malasyia bilang lebih baik senyap jika kita tidak begitu mengerti duduk permasalahannya...

Karena sama2 yang kita liat dari kubu manohara sendiri pun kurang memiliki etikad yang baik..

Posting Komentar